Rabu, 18 April 2018

Mengikuti Kelas Senam Hamil, Penting atau Tidak?

Jujur saja dulu saat hamil saya sama sekali tidak terpikir untuk mengikuti kelas senam hamil, hingga dokter kandungan saya memang mengharuskan untuk mengikuti kelas tersebut. Saya memang rutin melakukan gerakan-gerakan ringan saat hamil, tetapi tidak terpikir untuk mengikuti kelas senam hamil karena menurut saya toh sama saja, saya juga sudah melakukan gerakan-gerakan yang sama di rumah. Namun, setelah mengikuti kelas senam hamil, saya baru menyadari bahwa ternyata ada beberapa manfaat yang diperoleh. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Meregangkan otot yang kaku
Wanita yang sedang hamil biasanya ototnya terasa lebih kaku dari biasanya, sehingga sering terasa pegal di beberapa bagian tubuh. Dengan senam hamil ini otot dapat meregang sehingga mengurangi rasa pegal dan kurang nyaman pada beberapa bagian tubuh. Mungkin manfaat ini masih dapat diperoleh dengan melakukan gerakan ringan di rumah, tanpa mengikuti kelas.

2. Detak jantung dan posisi janin terpantau
Saat mengikuti kelas senam hamil, bidan yang memimpin senam selalu memeriksa detak jantung dan meraba bagian perut untuk mengetahui posisi janin. Bila mendekati hari perkiraan lahir, sebaiknya posisi janin sudah optimal. Nah, untuk manfaat ini hanya dapat diperoleh bila mengikuti senam hamil.

3. Bertemu dengan sesama ibu hamil
Mmmm...pentingkah bertemu dan berbincang dengan sesama ibu hamil? Ya, menurut saya amat sangat penting. Dengan bertemu dengan sesama ibu hamil kita dapat berbincang mengenai kehamilan, apa saja yang dikeluhkan, apa saja yang dirasakan. Ini membuat kita merasa "U're not alone". Ibu hamil rawan stress padahal ibu hamil tidak boleh stress loh. Nah, ini bisa jadi solusi mencegah stress bagi ibu hamil.

4. Mendapat banyak informasi
Biasanya setiap selesai kelas senam hamil bidan membuka sesi tanya jawab. Di sini kita dapat memperoleh banyak informasi, baik mengenai kehamilan, melahirkan, merawat bayi, maupun hal-hal terkait yang lainnya. Ini sangat penting. Biasanya banyak saran dari lingkungan sekitar kepada ibu hamil yang ternyata saran-saran tersebut belum tentu benar. Kalau tidak teredukasi dengan baik bisa saja ibu hamil mengikuti saran yang salah, atau justru merasa stress dengan banyaknya omongan orang.

Itulah beberapa manfaat dari mengikuti kelas senam hamil. Apakah manfaat tersebut penting atau tidak menurut Anda? Semoga sehat selalu dan senantiasa bahagia ya ibu-ibu hamil 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyapih dengan Rela (Last Part)

Langsung kita lanjutkan postingan sebelumnya, yaitu Menyapih dengan Rela (Part 3) . Sakit membuatnya jauh dari kata nyaman. Nafsu makan pun ...