Jumat, 17 April 2020

Menyapih dengan Rela (Part 3)

Yuk kita lanjutkan tulisan sebelumnya yang berjudul Menyapih dengan Rela (Part 2). Tahap selanjutnya hanya menyusu saat jam tidur. Baik tidur siang maupun tidur malam dia tetap boleh meminta ASI. Namun, di luar waktu tersebut sama sekali tidak boleh.

Hari pertama memulai level ini, dia sempat meminta ASI bukan pada jam tidur. Saya menolak dengan berkata bahwa menyusunya saat jam tidur saja. Syukurlah, dia langsung mengerti. Bahkan, tahap ini membuat dia rajin tidur siang. Mungkin karena ingin segera menikmati ASI-nya.

Tiga hari berjalan lancar tanpa kendala. Kami pun lanjut ke tingkat selanjutnya, yaitu tidak ada ASI saat terbangun ketika tidur siang. Kadang dia tidur siang dengan pulas tanpa terbangun. Namun, kadang juga terbangun dan meminta ASI. Nah, kini dia mulai belajar untuk tidak menyusu saat terbangun ketika tidur siang.

Hari pertama kebetulan dia tidur siang dengan pulas. Sayangnya, hari kedua tidak demikian. Dia terbangun. Kemudian saya hanya menimangnya dalam pangkuan. Alhamdulillah, dia tertidur lagi. Hari-hari selanjutnya juga demikian. Kadang dia pulas, tetapi bila terbangun sudah cukup ditenangkan dengan ditimang dalam pangkuan.

Tahap ini berlangsung beberapa hari. Setelah dia tampak terbiasa, kami berlanjut ke tahap selanjutnya, yaitu tidak menyusu saat terbangun di malam hari. Jujur, memulai tahap ini cukup mendebarkan bagi saya. Saya takut dia rewel tengah malam hingga tidak bisa tidur, yang artinya saya juga harus begadang.

Setiap akan naik level, saya selalu memberi tahunya terlebih dahulu. Termasuk saat akan memasuki tahap ini. Dia menjawab bahwa dia mengerti. Kebetulan memang sebelum umur 2 tahun dia sudah lancar berbicara.

Malam pertama untuk level ini pun berlangsung. Sebelum tidur dia berkata sudah paham bahwa dia tidak menyusu lagi bila terbangun tengah malam. Sayang, tengah malam dia menangis dan terbangun. Untungnya, saya belum mengantuk saat itu. Sehingga dapat berpikir jernih.

Dia terbangun, menangis dengan mata terpejam dan mencari ASI. Saya pun membangunkannya sekalian dan tangisnya langsung berhenti. Sebab, saya yakin dia tidak sepenuhnya sadar saat itu. Setelah itu matanya terbuka dan saya mengingatkan bahwa mulai malam itu sudah tidak bisa menyusu lagi bila terbangun. Dia mengangguk. Saya menimangnya dalam pangkuan. Dalam hitungan detik dia langsung terlelap kembali. Syukurlah, ini tidak sesulit yang dibayangkan.

Saya juga menyediakan air putih dalam botol di dekat kasur. Jadi, saat dia terbangun akan saya tanyakan dulu apakah dia haus dan ingin minum. Kadang dia ingin minum beberapa teguk, kadang tidak. Ini saran dokter. Khawatir kalau dia terbangun memang karena haus. Setelah itu, baru saya menimangnya di pangkuan.

Itu yang selalu saya lakukan jika dia terbangun di malam hari. Dia pun sudah tahu bahwa tak perlu lagi menyusu saat terbangun. Setelah seminggu, saya berlanjut ke tahap selanjutnya. Hanya menyusu satu kali sebelum tidur. Sebab, saat ASI saya sudah berkurang, kadang dia menyusu 2 atau bahkan 3 kali sebelum tidur. Jadi, kini dalam sehari saya akan menyusuinya dua kali saja. Satu kali sebelum tidur siang dan satu kali sebelum tidur malam.

Tahap ini ternyata mudah dimengerti olehnya. Dia sudah paham tentang yang dimaksud dengan satu kali. Jadi, bila menjelang tidur dia sudah menyusu satu kali, tetapi tetap belum bisa terlelap, maka saya hanya akan menimang dalam pangkuan untuk membantunya tidur. Itu yang saya lakukan baik saat tidur siang maupun malam.

Sayang, ketika mencapai fase ini, ada cobaan datang. Buah hati kami ini sakit. Tenggorokannya sangat sakit dan tidak nyaman untuk makan. Bahkan untuk minum juga. Jika dilihat, ada semacam sariawan dalam jumlah yang sangat banyak di tenggorokannya. Dia tetap ada keinginan untuk makan, tetapi ketika menelan dia merintih sakit hingga tidak sanggup melanjutkannya. Saya sangat cemas. Sedang disapih, tetapi tiba-tiba dia harus kesulitan makan dan minum. Tubuhnya demam. Muncul bintik merah menyerupai cacar air di kakinya. Paling banyak di telapak kaki. Kata dokter, penyakit ini disebabkan oleh virus coxsackie.

Apa yang saya lakukan? Apakah melanjutkan proses sapih? Ataukah menghentikannya? Atau justru mundur ke level sebelumnya? Saya lanjutkan di tulisan selanjutnya, yaitu Menyapih dengan Rela (Last Part)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyapih dengan Rela (Last Part)

Langsung kita lanjutkan postingan sebelumnya, yaitu Menyapih dengan Rela (Part 3) . Sakit membuatnya jauh dari kata nyaman. Nafsu makan pun ...